Friday, April 5, 2013

Grand Prix Fantasi



Yamaha RZ500
Oleh Tom Fortune 20 April 1996, Fotografi oleh Yamaha


   



Dua puluh tahun yang lalu, Giacomo Agostini legendaris dan lalu-konvensional "gill-Valved," air-cooled Yamaha YZR500 dua-stroke mencopot perkasa MV Agusta-Gran Prix raksasa, mengakhiri 17 tahun belum pernah terjadi sebelumnya menang beruntun MV. Beberapa tahun kemudian Kenny Roberts memberikan marque tiga GP gelar berHarga Motor Yamahaturut-turut, dan fans di seluruh dunia bermimpi apa yang mengendarai Yamaha 500cc racebike akan seperti.
Melompat ke depan sampai 1984, dan Yamaha membawa mimpi satu langkah mendekati kenyataan ketika mereka memperkenalkan 500cc V-Four RZ500.

Terinspirasi oleh pembalap pabrik YZR500 ditunggangi oleh Roberts selama musim 1983 GP, twin-engkol V4 adalah hal yang paling dekat ke Gran Prix sepeda (dengan lampu) yang Anda bisa mendapatkan tangan Anda pada. DHarga Motor Suzukiari full fairing itu GP-gaya air-cooled, mesin dua-stroke empat silinder terletak di perimeter-gaya kotak bagian frame, RZ500 adalah mimpi yang menjadi kenyataan untuk lomba penggemar di seluruh dunia, dan tentu saja, menjadi mesin yang sangat bernafsu-setelah.

Masalahnya adalah, karena Badan Perlindungan Lingkungan mandat anti-polusi, RZ500 tidak pernah dijual di Amerika Serikat (setHarga Motor Kawasakiidaknya tidak secara hukum), tetapi Anda dapat bertaruh peraturan beberapa tidak berhenti pecinta dua-stroke giat dari melompat pada selundupan itu mengekspresikan dan mengimpor RZ atau empat.

 Tiga versi yang berbeda dari sepeda merah dan putih yang tersedia di seluruh dunia. The RZ500, yang datang dilengkapi dengan ban Yokohama OEM, dijual di Australia, Selandia Baru dan Kanada. Rekan Eropa, yang RD500LC, sementara mekanis identik, memakai ban Michelin dan skema cat yang berbeda (foto di kanan). Jepang menerima edisi terbatas RZV500R, penuh dengan bingkai aluminium ringan (yang lain digunakan baja) dan barang trik lain, tetapi LSO menderita mesin de-tuned.

Kenny Roberts '1983 OW-70 GP motor bekas yang sangat unik 50 derajat, kembar engkol V-empat motor yang dilengkapi dengan YPVS katup listrik knalpot Yamaha, dan ini konfigurasi desain dasar yang sama, bersama dengan RZ: Dengan itu engkol kembar, mesin berfungsi sebagai sepasang kembar paralel 180 derajat benar-benar diarahkan bersama-sama. Kedua YZR Roberts 'dan RZ500/RD500LCs memiliki removable kaset gaya gearbox enam kecepatan. Tapi ini adalah tempat akhir kesamaan.

Desain RZ yang memiliki banyak konsesi untuk kedua keandalan dan pemeliharaan jalan-sepeda. Sementara pembalap memiliki itu empat in-line, karburator besar-tenggorokan terletak di V motor, dekat dengan engkol, Yamaha dipasang itu hardware YPVS dalam lokasi yang sama pada RZ mengharuskan bahwa 26mm Mikuni bertubuh kecil itu dipindahkan pergi ke sisi V. Selain itu, asli OW-70 pembalap memiliki katup putar untuk mengontrol asupan. RZ dimanfaatkan buluh katup untuk mencapai yang lebih luas, lebih berorientasi powerband jalan. Tapi, sekali lagi karena ruang terbatas di V, katup buluh menggunakan dua pengaturan asupan yang berbeda. Semakin rendah silinder diberi makan melalui buluh crankcase, pasangan atas digunakan alang-alang silinder, dengan 90 derajat intake manifold yang menghubungkan setiap blok buluh untuk itu dipasang di samping karburator.

Drive primer ganda yang ditujukan langsung ke kopling TZ750 berukuran, sedangkan crankshaft depan juga berputar penyeimbang counter yang dipasang jauh di dalam "V" antara dua engkol. Penghitung penyeimbang, tidak biasa pada dua-stroke, membantu meredam getaran mesin. Sebuah YPVS sistem serupa servo dikendalikan dengan sistem yang digunakan pada RZ350 Yamaha - didukung daya rendah dan mid-range, dan membiarkan gas mengalir ke empat ruang ekspansi individu. Semakin rendah pipa knalpot keluar dalam mode dua-stroke tradisional, tapi pipa atas menyeberang satu sama lain hanya belakang dari pelabuhan knalpot untuk membantu menjaga panjang tuned tepat tanpa pipa menonjol keluar dari bagian belakang sepeda. (Karena pembatasan tenaga kuda wajib, RZV Jepang itu de-disetel sedikit melalui penggunaan pipa berdiameter kecil dan ramping terbang.)

Sebuah mesin yang tidak biasa, memang. Dan salah satu yang menghasilkan telinga ke telinga senyum besar setiap kali itu berakhir dengan itu 10.000 rpm redline. Listrik dua-stroke, oleh alam, mudah meledak. Non-linear. Pucat. Dan RZ500 adalah tidak terkecuali. Kurangnya berbeda daya di bawah 6000 rpm digabungkan dengan gigi pertama tinggi membuat RZ agak sulit untuk menjauh dari berhenti - banyak slip kopling adalah aturan. Tapi begitu berlangsung gearbox close-ratio memainkan ke tangan Anda. Sebagai berputar, Anda dapat merasakan urgensi dari dalam bangunan. Mesin mulai buzz, datang hidup di atas 6500 rpm, dan memukul pipa di tujuh besar. Dari sana ke redline itu terburu-buru percepatan dua-stroke. Roda depan pergi cahaya, dan Anda menari pada transmisi close-ratio untuk menjaga mesin di 3000 rpm yang manis-spot.

Kami baru-baru memiliki kesempatan untuk menguji RZ500 pada Erion Racing Dynojet dyno, dan terkejut untuk menemukan itu memproduksi hampir 80 tenaga kuda. Dalam fac t, jika bukan untuk rantai drive buruk dikenakan, Dynojet teknisi berkata kita mungkin sangat baik telah melihat sekitar 84 bhp. Dan semua ini dari motor yang insinyur Yamaha mengatakan itu sedikit stres, dengan banyak headroom untuk modifikasi.

Apa yang benar-benar terlihat selama naik semangat adalah bagaimana torquey motor. Misalnya, dalam mengejar sampai lereng rumit Gunung Palomar, USA, RZ mudah keluar-lari dan keluar-ditangani bahkan tanaman terbaru dari sportbikes 600cc. Jangan percaya kita? Klip video tidak berbohong! Berikut adalah file avi windows (IBM-PC). Dan inilah versi MPEG untuk UNIX dan pengguna Macintosh.

Dyno mengungkapkan sangat pesat membangun torsi sekitar 6000 RPM, memuncak pada 48,3 ft-lb pada 8500 rpm, dengan kurva yang tersisa cukup datar sepanjang jalan sampai ke 10.000 RPM redline, berarti motor ini hanya menyemprotkan keluar dari sudut dan menarik sangat sampai ruang ekspansi mematikan menyenangkan sekitar 10.500 RPM.

Seolah-olah motor yang unik tidak cukup, sasis juga menggabungkan beberapa fitur umum. Frame itu sendiri benar-benar sangat dasar dengan standar saat ini - baja rel kotak-bagian ringan dalam tata letak perimeter. Tapi shock belakang, yang pada kebanyakan sepeda biasanya berada dalam posisi tegak di bawah kursi, harus ditempatkan secara horizontal di bawah mesin. Anda lihat, daerah di bawah kursi sudah dikemas penuh pipa silinder atas ', motor servo YPVS, dan baterai. Jadi, di bawah motor itu pergi, dengan manfaat tambahan konsolidasi massa untuk meningkatkan pusat RZ tentang gravitasi dan menggulung saat polar (berarti itu flickable).

The 'maju' akhir gunung kejut rebound disesuaikan dengan braket terhubung dengan baik frame dan mesin - mesin secara alami, cukup kaku, kekakuan sasis sehingga secara keseluruhan dapat diperoleh dengan jumlah tersebut. Bagian belakang shock menghubungkan ke swingarm aluminium ekstrusi melalui rocker ditempa-aluminium indah; link palsu kecil yang menempel ke pusat poros posisi rocker yang relatif terhadap frame.

Beberapa fitur chassis lain yang tergabung pada 500 yang inovatif kembali pada tahun 1984. Misalnya, garpu sepeda non-adjustable menggunakan tabung tiang penopang kurus 37mm, dan bagian depan setiap kaki garpu yang lebih rendah membawa katup anti-dive disesuaikan. Ingat mereka?

No comments:

Post a Comment