Friday, April 5, 2013

Yamaha TDM 850



Oleh Colin Mackellar, Meja Belanda, 20 Agustus 1998


   



Versi terbaru dari Yamaha lima tahun "Adventure Sports" model, TDM 850, telah mengalami transformasi sebagai halus sebagai Mike Tyson proposisi. Skema warna kuning dan perak diadopsi untuk tahun ini membuat satu TDM dari sepeda motor Yamaha paling mencolok yang pernah dihasilkan. Yamaha telah mengambil halaman dari kitabHarga Motor Suzuki desain rumah Euro yang telah menghasilkan desain seperti "karya" sebagai Mantra Bimota dan Aprilia Moto 6.5. Yamaha telah menghasilkan sepeda yang terlihat sesuai dengan gambar mereka berusaha untuk proyek dan meningkatkan harapan calon pemilik. Mungkin harapan ini telah mengangkat sentuhan terlalu tinggi, seperti TDM, sementara ledakan untuk naik, masih menderita dari beberapa masalah yang mengganggu yang dikompromikan keberhasilannya di masa lalu.
Yang paling rekayasa perubahan signifikan terhadap TDM dapat ditemukan di 10-katup 849cc vertical twin pembangkit listrik siHarga Motor Kawasakilinder. Dalam sebuah langkah untuk meningkatkan daya pengiriman, mantan desain engkol 360 derajat telah digantikan oleh "big bang" konfigurasi dengan 270 derajat engkol pin waktu. Semakin dekat penembakan interval silinder harus menghasilkan traksi roda belakang, alasan bahwa desain engkol serupa telah digunakan di mesin 500cc GP balap. Hal ini diperdebatkan apakah ini benar-benar berguna untuk 80 bhp twin cylinder empat-stroke, tetapi tidak ada keraguan bahwa itu adalah langkah yang cerdas pada bagian Yamaha. Mesin dibagi dengan TRX850 Model Yamaha (yang ditujukan pada pemilik pasar Ducati) dan mesin baru terdengar persis seperti Italia V-twin. Ini adalah suara adiktif. Dapatkan mesin berputar pada 4000 rpm, ambil segenggam throttle dan mendengarkan yang indah merata kembar gemuruh silinder 5.000-7.000 rpm.

Mesin terasa kuat dari tanda 4000 rpm, menarik keras melalui 8.000 rpm redline dan seterusnya. Baik di luar pada kenyataannya, sebagai rev limiter tendangan pada 9400 rpm. Hal ini cukup untuk menjalankan dekat dengan semua tapi sportbikes paling tanpa kompromi di lampu lalu lintas GP. Dalam rentang putaran rendah sepeda tampaknya kuranHarga Motor Hondag bahagia, memberikan perasaan lumpiness bawah 3000 rpm dan tempat datar tipis antara 3000 dan 4000, disertai dengan getaran mesin kasar. Ini menghaluskan keluar sebagai revs naik dan pada kecepatan jelajah hanya buzz sedikit dapat dirasakan melalui footpegs.

TDM memiliki gearbox lima kecepatan, karena tidak ada panggilan untuk gigi ekstra karena kurva torsi datar lebar. Rasio dipilih cukup baik, meskipun kesenjangan antara pertama dan kedua adalah sedikit lebar, terutama dengan karakteristik mesin gugup pada rpm rendah. TDM memiliki gearbox berisik, yang tampaknya telah dikalahkan berulang menenangkan upaya oleh Yamaha. Perubahan antara gigi dari ketiga melalui kelima yang halus mulus tapi pertama dan kedua perubahan gigi yang kikuk dan tuas pergeseran membutuhkan sebuah perusahaan menendang untuk menghindari netral palsu. Seperti TdM masa lalu, ada beberapa slop transmisi, sehingga bergulir throttle dan mematikan biasanya menghasilkan sedikit kesukaran sebagai mesin menangkap dengan gerakan throttle.

Seperti Yamaha berkembang TDM, telah berkonsentrasi pada memperbarui sasis. Tahun ini garpu depan diameter tabung sudah naik 2 mm sampai 43 mm, dan karet sebelumnya pemasangan setang telah disingkirkan. Ada beberapa ketidaksepakatan tentang efektivitas Macadam radial Michelin yang datang standar di sepeda, tapi kami menemukan mereka untuk menjadi cocok untuk TDM, yang merasa ditanam pada semua permukaan jalan. Rem sangat baik, dengan baik linier merasa dan kekuatan yang cukup untuk berdiri sepeda di atas kepalanya.

The dualsport gaya riding position bisa menjadi bencana total pada setiap sepeda dengan mata teguh pada olahraga dan olahraga / tur pasar. Itu bisa dengan mudah gagal memenuhi persyaratan untuk berbagai peran tersebut. Setang tinggi dan lebar, memberikan nuansa kemudi ringan, sehingga manuver pada kecepatan rendah adalah baik. Setelah sampai dengan kecepatan dan baik melakukan membentang panjang di jalan bebas hambatan atau cranking melalui kurva favorit Anda, selipkan sedikit datang secara alami, dan sangat nyaman.

The vestigial fairing menyimpan sebagian besar angin dari tubuh bagian atas, dengan hanya bahu dan lengan terbuka. Hal ini membuat daya pada 5.000 rpm dan 140 kilometer per jam (90 mph) mudah, meskipun pelana nyeri di set setelah sekitar satu jam di pelana. Sebuah ledakan bawah autobahn Jerman menunjukkan kecepatan tertinggi ditunjukkan dari 220 kph (130 mph). Mungkin telah memungkinkan untuk menekan lebih beberapa km dari sepeda seperti itu hanya menarik 8000 rpm, tetapi kewarasan menang dan kami mundur ke kurang tertiup angin kecepatan jelajah 160 kph (100 mph).

Ergonomi sepeda yang baik, dengan mudah dioperasikan switchgear, jelas, cermin getaran bebas yang memungkinkan Anda memeriksa lebih dari keadaan siku, dan kuat, lampu yang efektif untuk malam naik. Tapi sekali lagi ada hal-hal kecil yang merusak paket. The dikunci kursi adalah canggung untuk mereparasi. Lampu speedo tidak menerangi meter perjalanan, dan tidak ada pengukur bahan bakar, meninggalkan Anda menebak-nebak di pit stop. Prop berdiri pendek dan tidak memiliki musim semi untuk sepenuhnya memperpanjang itu, sehingga mudah untuk menempatkan berat sepeda di atasnya sebelum dapat didukung sepenuhnya.

TDM memiliki potensi untuk menjadi sepeda yang baik bagi banyak pengendara hari ini: sportriders dengan rasa untuk sesuatu yang berbeda, Posers jelajah jalan-jalan kota Paris, Teroris Perkotaan wheelying jauh dari setiap lampu berhenti, tourers akhir pekan yang ingin melarikan diri stres perkotaan. Tapi akan bermain di Peoria? Jangan menahan nafas. Yamaha tidak memiliki rencana untuk mengimpor TDM ke Amerika Serikat saat ini.

No comments:

Post a Comment